Validitas Buku Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Metakognitif Mahasiswa

Authors

  • Rusly Hidayah Universitas Negeri Surabaya
  • Fauziatul Fajaroh Universitas Negeri Malang
  • Parlan Parlan Universitas Negeri Malang
  • I Wayan Dasna Universitas Negeri Malang
  • Ikhsan Nendi Politeknik Siber Cerdika Internasional

DOI:

https://doi.org/10.59261/jbt.v4i2.163

Keywords:

buku, model pembelajaran kolaboratif berdasarkan masalah, kreatif, metakognitif

Abstract

Berpikir kreatif dan metakognitif termasuk dalam ranah berpikir tingkat tinggi yang melibatkan kontrol aktif dalam proses kognitif untuk memecahkan suatu masalah. Berbagai upaya untuk meningkatkan penguasaan berpikir kreatif dan keterampilan metakognitif sangat diperlukan, salah satunya melalui penggunaan buku model pembelajaran kolaboratif berdasarkan masalah yang merangsang kemampuan berpikir kreatif dan metakognitif siswa. Riset ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) ini bertujuan untuk menguji validitas buku model pembelajaran kolaboratif berbasis masalah. Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode angket. Pengembangan buku menggunakan model Plomp, sehingg penggunaan buku perlu divalidasi, dalam hal ini buku divalidasi oleh tiga orang ahli menggunakan V Aiken, hasil validasi menunjukkan validitas isi 0,919 oleh pakar, validitas konstruk 0,903 oleh pakar dengan kategori valid dan dapat digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan metakognitif siswa. Disarankan kepada dosen untuk menerapkan model buku pembelajaran berbasis masalah kolaboratif dan menekankan berpikir kreatif dan keterampilan metakognitif dalam proses pembelajaran.

References

Apriono, D. (2013). Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama. FKIP Universitas PGRI Ronggo Lawe TUBAN, September, 60–70.

Badiklat Denpasar. (2020). Model Problem Based Learning. Kementerian Agama. https://bdkdenpasar.kemenag.go.id/berita/model-problem-based-learning

Bashooir, K. S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270

Caturiyati, K. H. dan. (2013). Validitas Konstruk (construct validity) dalam Pengembangan Instrumen Penilaian Non-Kognitif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Darwanto. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS (Pengertian dan Indikatornya) Darwanto. Jurnal Eksponen, 9(No. 2), 20–26.

Desi Nuzul Agnafia. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI Desi. Florea, 6(5), 55.

Djamilah Bondan Widjajanti. (2008). dari Bruner, yang menekankan pentingnya interaksi sosial untuk membantu siswa memperoleh tingkat pemahaman yang lebih tinggi. Belajar ”melampaui batas dan melompat” dengan bantuan teman dan guru, adalah konsep ZPD dan. Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Yogyakarta, 5, 101–110.

Fahmi. (2015). Collaboration Learning. Institut Agama Islam Kendari, 21–53.

Heckman, J. J., Pinto, R., & Savelyev, P. A. (BAB 3). (1967). Penelitian R&D. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 71–84.

Ihsan, H. (2015). Validitas Isi Alat Uukur Penelitian: Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(3), 173. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i3.6004

Ilmiyatni, F., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 35–45.

Irmawartini. (2017). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. Rake Sarasin, 1–36. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/11/Daftar-isi-Metodologi-Penelitian_k1_restu.pdf

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3

Krestiwi, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Listrik Dinamis. Universitas Negeri Jakarta, 3(1), 245–252.

Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Model Pembelajaran RICOSRE yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 676–685. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9180

Mahmudi, A. (2006). Pembelajaran Kolaboratif [Collaborative learning]. Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Yogyakarta, 1–11. http://eprints.uny.ac.id/11996/1/PM - 57 Ali Mahmudi.pdf

Margunayasa, I. G., Japa, I. G. N., Kusmariyatni, N. N., & ... (2020). Membangun Learning Community Melalui Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Di Sdn 3 Tegallinggah. Lppm.Undiksha.Ac.Id, 1871–1880. https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2020/assets/ProsidingSenadimas2020/file/259.pdf

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan. 924–932.

Maulidiyah, I. (2020). Model Pembelajaran Kolaborasi (Collaborative Learning). Kompasiana. https://www.kompasiana.com/izadatulm/5fce3a4dd541df3f23244eb2/model-pembelajaran-kolaborasi-collaborative-learning

Milyawato, B. (2013). Membangun Budaya Self Regulated Learning and Mathematical Thinking Dalam Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal, Biormatika Fkip, Ilmiah Subang, Universitas Kurikulum, Implementasi Kunci, Kata, 1–16.

Mudrikah, A. (2019). Problem Based Learning as Part of Student-Centered Learning. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 1(4), 105–112.

Nafiah, Y. N. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Nunuk Suryani. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Siswa. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2).

Nurmalina, Nina. Basuki, A. I. S. (2019). MODEL KOLABORATIF BERBASIS MASALAH UNTUK PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. Universitas Negeri Malang, 3(2), 40–46.

R Hidayah, F Fajaroh, P Parlan, I. D. (2021). Collaborative Problem Based Learning Model for Creative Thinking Ability. Journal of Asian Multicultural Research for Educational Study, 2 (2), 24-.

R Hidayah, F Fajaroh, R. N. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Collaborative Problem Based Learning Pada Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13 (2), 50.

Redjeki, S. (2021). Analisis berbagai strategi dan model pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan metakognitif pada pembelajaran biologi. 9(2), 30–40.

Siswanti, R., & Harjono, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 281–288. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/306

Soesatyo, Y., Tjipto Subroto, W., Canda Sakti, N., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 162–178. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.2.02

Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Stem. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018

Yulia Pramusinta. (2019). EFEKTIVITAS METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MI TARBIYATUL ATHFAL BABAT. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 3(1), 103–111.

Yusrizal. (2008). Pengujian Validitas Konstruk Dengan Menggunakan Analisis Faktor. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 5(1), 1–20.

Downloads

Published

2023-09-14